Bisnis Online Terhemat

 

pasang iklan

Rabu, 09 November 2011

Makalah : Pembuatan Serbuk dengan Ekstrak Cair-Kental

A. Pengertian Serbuk
Dalam Farmakope IV serbuk mempunyai definisi yaitu merupakan campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan atau pemakaian dalam secara oral atau untuk pemakaian luar. Karena mempunyai luas permukaan yang luas, serbuk lebih mudah terdispersi dan lebih larut daripada bentuk sediaan yang dipadatkan. Anak-anak atau orang dewasa yang sukar menelan kapsul atau tablet lebih mudah menggunakan obat dalam bentuk serbuk.
Serbuk oral dapat diserahkan dalam bentuk terbagi atau tidak terbagi. Pada umumnya serbuk terbagi dibungkus dengan kertas perkamen. Walau begitu apoteker dapat lebih melindungi serbuk dari pengaruh lingkungan dengan melapisi tiap bungkus dengan kertas selofan atau sampul potietilena. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap kestabilan dari bahan obat, oleh karena itu kami akan secara khusus menjelaskan tentang masalah-masalah yang dihadapi saat serbuk dibuat dengan bahan ekstrak kental dan cair.

B. Ekstrak dan Ekstrak Cair
Dalam pembuatan serbuk, kita juga menggunakan bahan dari ekstrak kental dan ekstrak cair. Tetapi penggunaan bahan ini menimbulkan beberapa masalah yang akan kami uraian cara mengatasinya. Menurut Farmakope IV menjelaskan bahwa ekstrak adalah sediaan pekat yang diperoleh dengan mengektraksi zat aktif dari simplisia nabati atau simplisia hewani menggunakan pelarut yang sesuai, kemudian semua atau hampir semua pelarut diuapkan dan massa atau serbuk yang tersisa diperlakukan sedemikian hingga memenuhi baku yang ditetapkan.
Sebagian ekstrak dibuat dengan mengekstraksi bahan baku obat secara perkolasi’. Seluruh perkolat biasanya dipekatkan dengan cara destilasi dengan pengurangan tekanan, agar bahan utama obat sesedikit mungkin terkena panas. Ekstrak kental dapat dibuat dengan menggunakan penyari etanol baik etanol 70%, 90%, 96% maupun dengan air. Sari-sari kental yang dibuat dengan etanol 70% dan dimurnikan dengan air contohnya, Exctractum Belladonnae, Extractum Hyoscyami, dan lain-lain.Sedangkan sari-sari kental yang dibuat dengan air misalnya extractum belladonnae aquosum, extractum candui benedicti, exctractum gentianae, liquiritiae, dan lain-lain.

C. Permasalahan-permasalahan Dalam Peracikan
Pembuatan serbuk dengan menggunakan ekstrak kental dan cair terdapat beberapa masalah, diantaranya adalah serbuk yang dihasilkan akan menjadi basah, sehingga perlu ada perlakuan khusus terhadap bahan tersebut. Untuk bahan ekstrak kental dikerjakan dalam mortir panas dengan sedikit penambahan pelarut (etanol 70%) untuk mengencerkan ekstrak, kemudian ditambahkan zat tambahan sebagai pengering. Contohnya belladonnae extractum, Hyoscyami extractum, Extrak Cannabis Indicae dan Extrak Valerianae menggunakan etanol 90%. Extrak Filicis dengan eter.

Contoh resep dengan peracikan ekstrak kental menggunakan mortir panas . :
R/ Extrac. Belladon.spiss 0.020
Luminal 0,020
Papaverin.HCL 0,030
m.f.pulv.d.t.d. No.XII
S,3.d.d.p.
Macam cairan yang digunakan untuk mengencerkan extrak kental:
Etanol encer (70%): Extractum Belladonae (F.I), Extractum
Hyoscyami (F.I),
Exktractum Valerianae.
Etanol 90%: Extractum Cannabis Indicae.

Pemanasan mortir dilakukan dengan jalan:
Mortir dan stamper yang digunakan dituangi dulu dengan air panas sampai dinding mortir luar terasa panas, air dibuang dikeringkan dengan serbet, setelah itu campuran ekstrak dan serbuk yang masih basah dimasukkan, diaduk yang melekat pada dinding mortir dilepas dengan spatel sampai serbuk menjadi kering dan homogen. Bila mortir sudah dingin baru ditambah serbuk-serbuk yang lain. Ini untuk menjaga jangan sampai serbuk lain yang tidak tahan pemanasan rusak. Biasanya digunakan Saccharum Lactis, Amylum, Liquiritiae Radicis pulverata dan lainnya. Banyaknya Saccharum Lactis yang digunakan ialah 5-10X Exctractum spissum.
Hal diatas sudah cukup menjelaskan bagaimana cara menangani bahan obat ekstrak kental yang akan dibuat sediaan serbuk. Berikut contoh jurnal resep yang didalamnya terdapat bahan ektrak kental


UNTUK MAKALAH YANG AGAK LENGKAP KLIK AJA : Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar