Bisnis Online Terhemat

 

pasang iklan

Senin, 21 November 2011

Diabetes Mellitus dan Penanganannya

Diabetes mellitus, DM (bahasa Tunani : diabaĆ­nein, tembus atau pancuran air) (bahasa Latin: mellitus, rasa manis) yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing gula adalah kelainan metabolisme yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan gejala berupa hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:
• defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya.
• defisiensi transporter glukosa.
• atau keduanya.
Berbagai penyakit, sindrom dan simtoma dapat terpicu oleh diabetes mellitus, antara lain: Alzheimer, ataxia-telangiectasia, sindrom Down, penyakit Huntington, kelainan mitokondria, distrofi miotonis, penyakit Parkinson, sindrom Prader-Willi, sindrom Werner, sindrom Wolfram, leukoaraiosis, demensia, hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme, dan lain-lain.

SEPULUH KEBIASAAN PEMICU DIABETES ATAU KENCING MANIS
- Teh manis
- Gorengan
- Kurang Tidur
- Suka ngemil
- Malas beraktivitas fisik
- Sering stres
- Kecanduan rokok
- Penggunaan pil kontrasepsi
- Takut kulit jadi hitam
- Maniak soda

GEJALA DM
- Banyak minum (polidipsi), seringkali merasa haus
- Banyak makan (polifagi) dan kurang tenaga
- Banyak kencing (poliuri)

TERAPI NON-OBAT→Pengaturan diet
Syarat Diet DM
1. Kebutuhan kalori disesuaikan dengan kelainan metabolik, umur, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas tubuh.
2. Jumlah hidrat arang disesuaikan dengan kesanggupan tubuh dalam menggunakan tubuh dalam menggunakannya.
3. Cukup protein, mineral, vitamin didalam makanan

TERAPI NON-OBAT→Olah raga
Olah raga yang dianjurkan bagi para penderita diabetes adalah jenis olah raga ringan seperti jalan atau lari pagi, bersepeda, berenang dan lain-lain yang tidak terlalu menguras energi.
Sebaiknya dalam pemilihan jenis olah raga yang akan dilakukan dan berapa lama berolahraga sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Ini penting karena bila terlalu berat atau lama berolahraga dapat menyebabkan hipoglikemia.
Olah raga penting bagi penderita diabetes karena dapat meningkatkan produksi insulin tubuh serta meningkatkan aktivitas reseptor insulin dalam tubuh & meningkatkan penggunaan glukosa.

TERAPI OBAT
- Insulin
- Obat Hipoglikemik Oral

PENCEGAHAN
a.Pencegahan primer
Pencegahan primer adalah upaya yang ditujukan kepada orang-orang yang termasuk ke dalam kategori beresiko tinggi, yaitu orang-orang yang belum terkena penyakit ini tapi berpotensi untuk mendapatkannya. Untuk pencegahan secara primer, sangat perlu diketahui terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap terjadinya diabetes melitus, serta upaya yang dilakukan untuk menghilangkan faktor-faktor tersebut. Edukasi berperan penting dalam pencegahan secara primer.

b.Pencegahan sekunder
Pencegahan sekunder merupakan suatu upaya pencegahan dan menghambat timbulnya penyakit dengan deteksi dini dan memberikan pengobatan sejak awal. Deteksi dini dilakukan dengan pemeriksaan penyaring. Hanya saja pemeriksaan tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar. Pengobatan penyakit sejak awal harus segera dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyakit menahun. Edukasi mengenai diabetes melitus dan pengelolaannya, akan mempengaruhi peningkatan kepatuhan pasien untuk berobat.

c.Pencegahan tersier
Jika penyakit menahun diabetes melitus terjadi kepada Anda, maka para ahli harus berusaha mencegah terjadinya kecacatan lebih lanjut dan merehabilitasi penderita sedini mungkin sebelum penderita mengalami kecacatan yang menetap. Contohnya saja, acetosal dosis rendah (80 – 325 mg) dapat diberikan secara rutin bagi pasien diabetes melitus yang telah memiliki penyakit makroangiopati (pembuluh darah jantung, pembuluh darah tepi, pembuluh darah otak, pembuluh darah kapiler retina mata, pembuluh darah kapiler ginjal). Pelayanan kesehatan yang holistik dan terintegrasi antar disiplin terkait sangat diperlukan.

UNTUK PENJELASAN DM YANG SELENGKAPNYA DAPAT DIKLIK DI SINI : Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar