Bisnis Online Terhemat

 

pasang iklan

Kamis, 08 September 2011

Sujud Tilawah, Sujud Sahwi, Sujud Syukur

Bismillahirrahmanirrahim

Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari. (QS Ar Rad :15)

Mungkin ada yang masih penasaran dengan tiga macam sujud yang dianjurkan untuk dilakasanakan dalam kondisi-kondisi tertentu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang tiga macam sujud tersebut yaitu: sujud tilawah, sujud sahwi, dan sujud syukur. Barakallah...

SUJUD TILAWAH

Tilawah berasal dari kata tala yaitu tilawatan artinya “Bacaan”. Jadi Sujud Tilawah adalah sujud bacaan atau mendengar ayat sajadah. Sujud tilawah dilakukan satu kali baik dalam shalat maupun luar shalat, barang siapa yang membaca atau mendengar ayat sajadah, disunatkan bertakbir lalu sujud dan membaca doa sujud Tilawah.
Macam sujud tilawah:

1.Ayat ke-206 dari Surah Al-A'raf
2.Ayat ke-15 dari Surah Ar-Ra'd
3.Ayat ke-50 dari Surah An-Nahl
4.Ayat ke-109 dari Surah Al-Isra'
5.Ayat ke-58 dari Surah Maryam
6.Ayat ke-18 dari Surah Al-Hajj
7.Ayat ke-77 dari Surah Al-Hajj, termasuk ayat sajdah menurut Mazhab Syafi'i dan Mazhab Hambali
8.Ayat ke-60 dari Surah Al-Furqan
9.Ayat ke-25 hingga Ayat ke-26 dari Surah An-Naml
10.Ayat ke-15 dari Surah As-Sajdah
11.Ayat ke-38 dari Surah Fussilat
12.Ayat ke-62 dari Surah An-Najm
13.Ayat ke-1 dari Surah Al-Insyiqaq
14.Ayat ke-21 dari Surah Al-Insyiqaq
15.Ayat ke-19 dari Surah Al-'Alaq Ayat ke-19 dari surat Al-‘Alaq 96:19
16.Ayat ke-24 dari Surah Sad, tidak termasuk ayat sajdah menurut mazhab syafi'i dan mazhab Hambali, melainkan ayat yang disunnahkan untuk sujud syukur bila dibacakan.

Bacaannya :
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ فِيْ سُجُوْدِ الْقُرْآنِ بِالْلَيْلِ سَجَدَ وَجْهِيْ لِلَّذِيْ خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعُهُ وَبََصَرُهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ

“Adalah Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam beliau membaca dari sujud Al-Qur’an (sujud tilawah-pent.) pada malam hari : “Telah sujud wajahku kepada Yang Menciptakanku, maka beratlah pendengaran dan penglihatan karena kemampuan dan kekuatan-Nya”. Dan dalam riwayat Hakim ada tambahan : “Maka Maha Berkah Allah sebaik-baik pencipta”. Dan dalam riwayat Ibnu Khuzaimah : “Beliau mengucapkannya tiga kali“

SUJUD SAHWI

Sahwi secara bahasa bermakna lupa atau lalai. Sujud sahwi secara istilah adalah sujud yang dilakukan di akhir shalat atau setelah shalat untuk menutupi cacat dalam shalat karena meninggalkan sesuatu yang diperintahkan atau mengerjakan sesuatu yang dilarang dengan tidak sengaja.

Bacaannya :

سبحان الذي لا ينام ولا يسهو

"Subhaa nalladzi laa yanaa mu wa laa yas hu"
Artinya:
“Maha Suci Allah yang tidak tidur dan tidak lupa.”

SUJUD SYUKUR


Sujud Syukur adalah sujud yang dilakukan ketika mendapatkan nikmat (mendapatkan rezeki nomplok) atau ketika terhindar dari mara bahaya yang mengancam. Misalnya, ketika lulus ujian, lulus tes kerja, menang perlombaan, naik jabatan, sembuh dari penyakit, terhindar dari kecelakaan, mendapat keturunan, memperoleh nilai yang memuaskan, selamat dari perampokan dan lainnya.

Bacaannya :

سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي حَقَّا حَقَّا، سَجَدْتُ لَكَ يَارَبِّ تَعَبُّدًا وَرِقًّا. اَللَّهُمَّ اِنَّ عَمَلِي ضَعِيْفٌ فَضَاعِفْ لِي.
اَللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تُبْعَثُ عِبَادُكَ وَتُبْ عَلَيَّ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.

"Subhânakallâhumma Anta Rabbî haq-qan haqqâ, sajadtu laka yâ Rabbî ta-’abbudan wa riqqâ. Allâhumma inna ‘amalî dha’îfun fadha’i lî. Allâhumma qinî ‘adzâbaka yawma tub’atsu ‘ibâduka wa tub ‘alayya innaka Antat tawwâbur Rahîm."
Artinya:
"Maha Suci Engkau. Ya Allah, Engkaulah Tuhaku yang sebenarnya, aku sujud kepada-Mu ya Rabbi sebagai pengabdian dan penghambaan. Ya Allah, sungguh amalku lemah, maka lipat gandakan pahalanya bagiku. Ya Allah, selamatkan aku dari siksa-Mu pada hari hamba-hamba-Mu dibangkitkan, terimalah taubatku, sesunguhnya Engkau Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang."

Untuk selengkapnya menggenai tata cara dan lain sebagainya dapat didownload ebooknya pada link berikut : SERIAL FIQH PRAKTIS MENGENAL TIGA MACAM SUJUD (TILAWAH, SYUKUR DAN SAHWI

Wallahua'alam bis showab

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar